Jumat, 22 November 2013



PEMUDA DAN SOSIALISASI

          -Pengertian Pemuda.

Masa remaja adalah masa tarnsisi dan secara psikologis sangat problematis , masa ini memungkinkan mereka berada dalm anomi (keadaan tanpa norma atau hukum , red) , akibat kontradiksi norma maupun orientasi mendua.
Dalam keadaan demikian , seringkali muncul perilaku menyimpang atau kecendrungan melakukan pelnggaran . kondisi ini juga memungkinkan mereka menjadi sasaran pengaruh media massa.
                 

PERAN MEDIA MASSA

ciri-ciri menyebabkan kecendrungan remaja melahap begitu saja arus informasi yang serasi dengan selera dan keinginan sebagai penapis informasi atau pemberi rekomendasi terhadap peasn-pesan yang di terima kini tidak berfungsi sebagai sediakala.

POTENSI-POTENSI PEMUDA

a.Idealis dan daya kritis : secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada , maka ia dapat melihat kekurangan-kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru.
b.dinamika dan kreatifitas.
c.keberanian mengambil resiko
d.optimis dan kegairahan semangat
e.sikap kemandirian dan disiplin murni
f.terdidik
g.keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
h.patriotismedan nasionalisme
i.sikpa kesatria
j.kemampuan kekuasaan ilmu dan teknologi.

http://jamalfirdaus.blogspot.com/2010/11/pemuda-dan-sosialisasi.html

PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
  • Mengembangkan potensi generasi muda
Potensi Generasi Muda dapat dikembangkan melalui bidangnya masing – masing agar tercapai suatu keinginan yang selaras antara Generasi sebelumnya dan Generasi Baru yang akan mencapai suatu negara yang maju dan sejahtera.
  • Pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
Pendidikan adalah usaha sadar  dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing-masing agar bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi disebut Mahasiswa sedangkan tenaga pendidikan perguruan tinggi disebut dosen. disinilah seseorang dapat mengembangkan lebih dalam lagi ilmu-ilmu yang telah didapat dari pendidikan sebelumnya (SD,SMP,SMA), yang akan berpeluang besar menggantikan generasi sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.
  • Alasan untuk berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi
Mengapa semua individu khususnya di Indonesia wajib mengenyam pendidikan selama 12 tahun? maka jika tidak, akan terjadi akibat seperti Pengangguran Semakin Banyak, Generasi Muda tidak ada, perampokan, pembunuhan dan lain sebagainya. (Menakutkan bukan) faktor: hanya karena  pendidikan yang mahal. Syukurlah pemerintah punya program sekolah gratis selama 9 tahun, “itu setahu saya karna saat SMA saya masih bayar”. Jadi kesimpulannya mengapa individu harus mengenyam pendidikan adalah  karna setiap individu harus sekolah Minimal selama 12 tahun agar disaat seseorang beranjak dewasa, seseorang itu dapat bermanfaat sebagai pemuda yang aktif didalam lingkungan masyarakat dan akan menjadi Generasi Penerus yang akan menjadi Pemimpin yang baik mengerti rakyat dan memajukan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

http://tantanoxavia.wordpress.com/2012/10/22/pemuda-dan-sosialisasi/

KESIMPULAN:
Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa pemuda sangat rentan terhadap pengaruh dari kehidupan luar, oleh karna itu para pemuda harus bisa memilih mana pergaulan yang baik maupun yang tidak baik bagi dirinya. Seharusnya pemuda lebih menonjokan potensi dirinya agar berguna bagi dia sendiri maupun bagi bangsa dan Negara. Dan sebagai pemuda seharusnya kita juga bisa menjaga budaya leluhur kita, agar tidak hilang termakan jaman. Karna sayang sekali bila budaya yang beragam macam harus dilupakan begitu saja. Sebagai pemuda kita harus bisa mempromosikan budaya budaya para leluhur kita ke kancah dunia, karna apabila dibiarkan begitu saja. Bisa bisa budaya leluhur kita di ambil bangsa lain yang tidak bertanggung jawab. Ingatlah bahwa pemuda adalah harapan bangsa, jadi jika pemuda nya saja sudah tidak benar maka bangsa nya pun akan tidak benar juga bahkan bangsa nya pun tidak akan maju.


-Pengertian Sosialisasi.

Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli
a. Keluarga
Pertama-tama yang dikenal oleh anak-anak adalah ibunya, bapaknya dan saudara-saudaranya.
b. Sekolah
    Pendidikan di sekolah merupakan wahana sosialisasi sekunder dan merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi secara formal.
c. Teman bermain (kelompok bermain)
    Kelompok bermain mempunyai pengaruh besar dan berperan kuat dalam pembentukan kepribadian anak. Dalam kelompok bermain anak akan belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya.
d. Media Massa
    Media massa seperti media cetak, (surat kabar, majalah, tabloid) maupun media elektronik (televisi, radio, film dan video). Besarnya pengaruh media massa sangat tergantung pada kualitas dan frekuensi pesan yang disampaikan.
e. Lingkungan kerja
    Lingkungan kerja merupakan media sosialisasi yang terakhir cukup kuat, dan efektif mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang.

KESIMPULAN:

Sosialisasi memberikan dampak yang negative dan juga positif. Dampak negative nya adalah para pemuda akan bersosialisasi dengan siapa saja tanpa tau mana yang baik ataupun buruk buat dia, disini peran keluarga sangat penting karna keluarga adalah orang yang pertama kali mengetahui tingkah laku seseorang. Dampak positif nya adalah seseorang dapat tahu apa yang terjadi di luar sana dengan bersosialisasi, peran media pun disini 2 yaitu memberikan berita yang positif ataupun yang negative. Jadi seseorang memang harus benar benar teliti dalam bersosialisasi.

0 komentar:

Posting Komentar