Jumat, 06 Juni 2014

MANUSIA DAN CINTA KASIH
A.   Makna Kasih Sayang
Dalam kamus umum Bahasa Indonesia karangan  W.J.S Purwodarminto,kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila diakhiri dengan perkawinan, maka di dalam berumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta – cintaan , tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang.
Dalam kasih sayang ini sadar atau tidak dari masing – masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang  bulat dan utuh.
Kasih sayang itu tampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui anaknya dengan atau menggendong bayinya itu diajak bercakap cakap, ditimang timang, dinyanyikan, meskipun bayi itu tak tahu arti kata-kata, lagu dan sebagainya[1]
  
B.   Kasih Sayang dalam Keluarga
Bila percintaan pria dan wanita di akhiri dengan perkawinan maka di dalam kehidupan berumah tangga, keluarga ini akan menemukan kebahagian mereka. Cinta yang semula hanya terbatas antara sepasang muda mudi, kini berkembang dengan kasih sayang terhadap si buyung yang mungil. Demikian sketsa hidup yang kita harapkan. Selanjutnya marilah kita mengikuti getaran kalbu seorang gadis mulai dari cintanya pada si “dia” sampai pada muncul nya si “buyung”.
  
Nama : Muhamad Adrian Pratama
NPM : 15113691
Kelas : 1KA27







[1] Drs. Suyadi M.P., Buku Materi Pokok Ilmu Budaya Dasar. Depdikbud, 1984, hal 2-3
    Joko Tri Prasetsya . Drs., Ilmu Budaya Dasar, Rineka Cipta , 2009.

0 komentar:

Posting Komentar