Selasa, 29 September 2015

TUGAS JAVA 1

Nama          : Muhamad Adrian Pratama
NPM           : 15113691
Kelas          : 3ka36
Mata kuiah : pemrograman berorientasi objek
Dosen        : Kunto Bayu A, ST

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall java yang tepat dan membuat contoh program nya, sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian java dan kelebihan java serta kekurangan nya.
java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram  Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API).
Kelebihan dan kekurangan Java :

Keunggulan Java
Java mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Keunggulan bahasa pemrograman Java antara lain:
1. Berorientasi objek
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah.
2. Java bersifat multiplatform Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac. 3. Java bersifat multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
4. Dapat didistribusi dengan mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
5. Bersifat dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.

Kekurangan
•    Tulis sekali, jalankan di mana saja – Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
•    Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
•    Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Contoh penginstallan java dan contoh program nya :

 1. tunggu prosesnya terlebih dahulu

2. klik next

3. pilih development tools dan kemudian klik next

4. klik change jika ingin menaruh program nya dan kemudian klik next

5. selanjutnya klik close
 6.  kemudian jika muncul seperti ini klik next


7. pilih i accept the agremment dan kemudian klik next

8. lalu browse jika ingin mencari tempat untuk menaruh nya dan klik next kembali

9. kemudian tekan yes


 10. pilih create a dekstop dan klik next

11. tekan install

12. tunggu proses nya
 13. ceklis launch jcreator pro dan tekan finish

 14. membuat path baru untuk jcreator nya.

15. tekan setting dan environment variables dan tekan ok

16. di environment variables kita membuat new pathnya

17. kemudian isi variablenya dan tekan ok


Contoh program java :

1. tekan use setting dan pilih save setting per useer dan tekan next



 2. kemudian pilih file path, isi identitasnya dan tekan finish
 3. ini contoh program nya, ini program untuk menghitung uas dan uts


 4. jika program sudah selesai jika ingin meruning akan muncul program seperti ini dan kita tekan set up jdk

5. kemudian pilih jdk home directory tekan next
 6. disini kita akan mengesave program nya
 7. ini hasil program nya yang sudah bisa kita runing







0 komentar:

Posting Komentar