Sabtu, 17 Oktober 2015


 
MEMBUAT GARIS HORZONTAL DAN VERTIKAL DI OPEN GL


OpenGL adalah kumpulan standard API (Application Programming Interface) yang menghubungkan software dengan hardware grafis untuk menampilkan gambar 2D dan 3D. Intinya OpenGL itu adalah kumpulan library untuk mengakses hardware (GL= graphical library).  OpenGL mendefinisikan berbagai instruksi untuk menggambar objek, image (umumnya 3D) dan melakukan berbagai operasi terhadap objek-objek tersebut. OpenGL tidak mengandung source code, hanya spesifikasi saja. Pembuat GPU (graphical processing unit) seperti NVIDIA, Intel, Samsung dll yang akan membuat implementasi.  Dengan cara ini walaupun GPU diproduksi oleh berbagai produsen dengan berbagai berbagai variasi tipe dan implementasi, semuanya dapat diperintah dengan spesifikasi yang sama.
OpenGL dirancang independen terhadap sistem operasi, hardware, maupun bahasa pemrograman yang digunakan. Bahkan jika GPU tidak tersedia, openGL dapat dijalankan diatas software yang mengemulasi hardware,  tentu dengan kinerja yang  lebih rendah.
OpenGL dikembangkan mulai dari tahun 90-an  dan saat ini telah menjadi standard industri. OpenGL ada hampir disemua platform: Windows, Linux, Mac, smartphone, game console, avionic dan berbagai embedded system. Dari sisi software, OpenGL digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari game, visualisasi, simulasi, CAD (Computer-Aided Design) sampai editing video dan image.
Standard yang ada di OpenGL dikelola oleh konsorsium yang berisi berbagai pihak yang berkepentingan dengan computer grafis.  Konsorsium itu disebut Khronos yang anggotanya  antara lain: AMD, Intel, NVIDIA, Apple, ARM,  Nokia, Qualcomm, Samsung, Sony, Epic Games.   Khronos juga mengelola standard lain seperti OpenCL, OpenVG  dan WebGL.
OpenGL adalah low level API, jadi saat kita menggambar suatu objek kita harus mengirimkan terlebih dulu objek, texture,  shaders dan lainnya. Ini membuat programming dengan OpenGL bisa jadi hal yang rumit, tapi disisi lain jadi lebih powerfull dan fleksibel.  Bagi pemula hal ini bisa memusingkan karena terdapat banyak variasi teknik yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil yang sama.  Umumnya pengembang game tidak menggunakan openGL secara langsung, tetapi melalui game engine seperti Unity.
OpenGL terus berkembang dan semakin lama semakin ‘gemuk’ dan kompleks sehingga pada di versi 3, fungsi-fungsi yang dianggap sudah tidak dibutuhkan lagi (deprecated) dibuang. Tapi karena penolakan beberapa vendor seperti NVIDIA, maka di versi 3.2 diperkenalkan dua profile: pertama core profile yang seperti versi 3 membuang bagian yang deprecated dan versi kedua adalah compatibility profile yang tetap compatible sampai dengan OpenGL versi 1.  Bagi pemula, dianjurkan untuk belajar core profile  yang walaupun lebih rumit daripada  versi openGL sebelumnya, tetapi lebih aman untuk masa depan saat spesififikasi  yang deprecated benar-benar dibuang.

LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT GARIS DI OPEN GL

1.    Membuat project baru
Ke menu file kemudian pilih new dan kemudian pilih project untuk membuka halaman yang  baru.



2.    Langkah selanjutnya adalah pada saat membuka new project akan ada pilihan kembali. Kita pilih multimedia kemudian pilih open gl dan klik c++ project pada a basic OpenGL program. Dan klik ok.




1.MEMBUAT GARIS VERTIKAL


ULASAN KODINGAN DIBAWAH :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES); //untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :








2. MEMBUAT GARIS HORIZONTAL

Untuk membuat garis Horizontal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis horizontal :




ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :



3.MEMBUAT GARIS DIAGONAL

Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis diagonal :




ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :


NAMA   : MUHAMAD ADRIAN PRATAMA
KELAS  : 3KA36
NPM      : 15113691


0 komentar:

Posting Komentar