MEMBUAT
GARIS HORZONTAL DAN VERTIKAL DI OPEN GL
OpenGL
adalah kumpulan standard API (Application Programming Interface) yang
menghubungkan software dengan hardware grafis untuk menampilkan gambar 2D dan
3D. Intinya OpenGL itu adalah kumpulan library untuk mengakses hardware (GL=
graphical library). OpenGL mendefinisikan berbagai instruksi untuk
menggambar objek, image (umumnya 3D) dan melakukan berbagai operasi terhadap
objek-objek tersebut. OpenGL tidak mengandung source code, hanya spesifikasi
saja. Pembuat GPU (graphical processing unit) seperti NVIDIA, Intel, Samsung
dll yang akan membuat implementasi. Dengan cara ini walaupun GPU
diproduksi oleh berbagai produsen dengan berbagai berbagai variasi tipe dan
implementasi, semuanya dapat diperintah dengan spesifikasi yang sama.
OpenGL
dirancang independen terhadap sistem operasi, hardware, maupun bahasa
pemrograman yang digunakan. Bahkan jika GPU tidak tersedia, openGL dapat
dijalankan diatas software yang mengemulasi hardware, tentu dengan
kinerja yang lebih rendah.
OpenGL
dikembangkan mulai dari tahun 90-an dan saat ini telah menjadi standard
industri. OpenGL ada hampir disemua platform: Windows, Linux, Mac, smartphone,
game console, avionic dan berbagai embedded system. Dari sisi software, OpenGL
digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari game, visualisasi, simulasi, CAD
(Computer-Aided Design) sampai editing video dan image.
Standard
yang ada di OpenGL dikelola oleh konsorsium yang berisi berbagai pihak yang
berkepentingan dengan computer grafis. Konsorsium itu disebut Khronos
yang anggotanya antara lain: AMD, Intel, NVIDIA, Apple, ARM, Nokia,
Qualcomm, Samsung, Sony, Epic Games. Khronos juga mengelola
standard lain seperti OpenCL, OpenVG dan WebGL.
OpenGL
adalah low level API, jadi saat kita menggambar suatu objek kita harus
mengirimkan terlebih dulu objek, texture, shaders dan lainnya. Ini
membuat programming dengan OpenGL bisa jadi hal yang rumit, tapi disisi lain
jadi lebih powerfull dan fleksibel. Bagi pemula hal ini bisa memusingkan
karena terdapat banyak variasi teknik yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil
yang sama. Umumnya pengembang game tidak menggunakan openGL secara
langsung, tetapi melalui game engine seperti Unity.
OpenGL
terus berkembang dan semakin lama semakin ‘gemuk’ dan kompleks sehingga pada di
versi 3, fungsi-fungsi yang dianggap sudah tidak dibutuhkan lagi (deprecated)
dibuang. Tapi karena penolakan beberapa vendor seperti NVIDIA, maka di versi 3.2
diperkenalkan dua profile: pertama core profile yang seperti versi 3 membuang
bagian yang deprecated dan versi kedua adalah compatibility profile yang tetap
compatible sampai dengan OpenGL versi 1. Bagi pemula, dianjurkan untuk
belajar core profile yang walaupun lebih rumit daripada versi
openGL sebelumnya, tetapi lebih aman untuk masa depan saat spesififikasi
yang deprecated benar-benar dibuang.
LANGKAH-LANGKAH DALAM
MEMBUAT GARIS DI OPEN GL
1. Membuat
project baru
Ke menu file kemudian pilih
new dan kemudian pilih project untuk membuka halaman yang baru.
2. Langkah
selanjutnya adalah pada saat membuka new project akan ada pilihan kembali. Kita
pilih multimedia kemudian pilih open gl dan klik c++ project pada a basic
OpenGL program. Dan klik ok.
1.MEMBUAT GARIS VERTIKAL
ULASAN KODINGAN DIBAWAH :
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix (); //Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk
menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk
menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES); //untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian jalankan project
dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan
meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan
menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung
berjalan dan menghasilkan output :
2. MEMBUAT GARIS HORIZONTAL
Untuk membuat garis
Horizontal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis
vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis horizontal :
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk
menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk
menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian jalankan project
dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan
meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan
menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung
berjalan dan menghasilkan output :
3.MEMBUAT GARIS DIAGONAL
Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama
seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya.
Berikut adalah koding garis diagonal :
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode
RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();// Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk
menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //untuk
menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian jalankan project
dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan
meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan
menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung
berjalan dan menghasilkan output :
NAMA
: MUHAMAD ADRIAN PRATAMA
KELAS : 3KA36
NPM : 15113691
0 komentar:
Posting Komentar